Kerja Bakti Bebersih Situs Gua Langkop Gunung Salak Bogor oleh Pecinta Alam Satya Sudirman SMAN 1 Bogor

Diposting Oleh : Kurniawan Senin, 13 Februari 2012 – WIB | Dibaca: 681 pembaca
Bantu Bagikan Berita ini Melalui : 

BOGORnews ::: Sedikitnya 50 remaja yang tergabung dalam Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (PPRPG) Satya Sudirman atau pecinta alam SMA Negeri 1 Kota Bogor beserta masyarakat sekitar mengadakan bersih-bersih dan menanam pohon di Goa Langkop yang berlokasi Kampung Tapos 1 Desa Sukaharja Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, Minggu (12/2/2012

Kegiatan tersebut dipimpin Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturachman (Karfat) yang juga pendiri PPRPG Satya Sudirman. Menurut Karfat, pihaknya sengaja melibatkan para pelajar agar mereka paham dengan sejarah bangsanya melalui pengenalan dengan berbagai peninggalan para leluhur baik situs, pusaka maupun benda lainnya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan ‘saresehan budaya’ setelah di kediamannya di Karadenan, dan Situs Cibalay Kacamatan Tenjolaya.


“Ini adalah bukti yang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa para leluhur kita yang hidup ribuan tahun lalu sudah mempunyai peradaban yang tinggi di jamannya,”ujar Karfat dihadapan adik-adik kelasnya dan masyarakat usai melaksanakan kegiatan.

Setidaknya, kata Karfat ada 4 tujuan dengan mengajak para pelajar dan masyarakat pertama mengenalkan dan menimbulkan kepedulian terhadap budaya para leluhurnya dengan melihat langsung, memelihara dan meningkatkan lingkungan di sekitar situs, mencegah terjadinya penyesatan oleh masyarakat awam dengan meminta-minta di tempat tersebut, dan yang terakhir mempromosikan ke dunia nasional dan internasional keberaadaannya.

“Salah satu faktor yang bisa membuat bangsa ini bangkit dari keterpurukan adalah dengan budaya dan pariwisata,”tegasnya.

Sementara itu salah seorang pembicara yang sengaja dihadirkan dalam kegiatan tersebut Achmad Yanuar Samantho, menjelaskan bahwa situs Goa Lengkop sejaman dengan Situs Cibalay berumur antara 2000 hingga 2500 tahun sebelum masehi atau pada jaman megalitikum.

“Baik situs Gua Lengkop maupun maupun Situs Cibalay jelas buatan manusia bukan kejadian alam, yang membuktikan bahwa para leluhur kita yang hidup pada jaman megalitikum sudah mempunyai peradaban baik tata cara kehidupan maupun yang lainnya. Jadi tritangtu tidak hanya ada pada abad ke 5, namun jauh sebelumnya,”tegas Samantho.

Turut memberikan materi pula, sejarawan Inotyi Hayatullah dan Budayawan Eman Soelaeman. (iso)

One response to “Kerja Bakti Bebersih Situs Gua Langkop Gunung Salak Bogor oleh Pecinta Alam Satya Sudirman SMAN 1 Bogor

  1. Ping-balik: Situs Goa Langkop Gunung Salak Bogor | Bayt al-Hikmah Institute

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s