Penggalan Sejarah Kabupaten Bogor

Taufik Hassunna

Sejarah Kabupaten Bogor.

Tahun 1754 Bupati Kampung Baru (Bogor) mengajukan permohonan kepada Gubernur jendral Mossel agar diijinkan menyewa tanah Sukahati untuk tempat kediamannya.

Menurut dokumen VOC tanggal 18 Januari 1776 memberitakan bahwa kediaman bupati di Sukaati itu terletak di sebelah Timur Cisadane dekat muara Cipakancilan, berdiri pada lahan yang termasuk kawasan “BUITENZORG” di sebuah lembah dan di depannya terdapat sebuah “empang” (Vijver).

Sebuah lukisan rumah bupati di Sukahati pada masa G.J Van der Parra (1761-1775) menggambarkan bahwa bila orang berdiri di bawah jembatan kereta api Pasar Ramayana(BTM) yang sekarang, akan tepat berhadapan dengan rumah tersebut. Di luar pagar alun-alun di depan rumah tersebut ada sebuah kolam besar (EMPANG).

Bila demikian sejak tahun 1770 nama” Empang” sudah mulai muncul dan berangsur angsur mendesak nama Sukaati. Dokumen 28 Nopember 1815 secara resmi sudah menyebut tempat itu dengan nama “EMPANG”.Catatan tahun 1816 melukiskan rumah Bupati itu terdiri atas : dua bangunan tempat tinggal yang dihubungkan dengan galeri terbuat dari kayu bukan jati, berlantai palupuh(bambu) dan sebuah paseban terbuat dari kayu, beratap genting.
Dari lukisan yang dibuat pada tahun itu tampak bahwa kedua rumah tinggal tersebut berdiri berdampingan menghadap ke lapangan alun alun dan empang( di bekas empang sekarang berdiri MESJID). Yang pasti bahwa Rumah Bupati Bogor pada waktu itu didirikan pada tepi bekas alun alun luar Kota Pakuan Pajajaran

Alun Alun Empang Bogor 1882..
Di lokasi inilah pemerintahan Kabupaten Bogor berawal setelh pindah dari Tanah Baru pada tahun 1782.
Lokasi ini menurut cerita dari sastera lama adalah bekas alun alun luar Pakuan Pajajaran (1482 – 1579 masehi) dan diberitakan tempat ini sering digunakan latihan perang prajurit Kerajaan Pajajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s